Thailand Tantang Indonesia Di Final Piala AFF 2020

By ommed


nusakini.com - Thailand melenggang ke final Piala AFF 2020 kendati bermain imbang tanpa gol menghadapi Vietnam di perjumpaan kedua di Singapore National Stadium.

War Elephants berhak mengamankan tempat di partai puncak seiring kemenangan 2-0 di leg pertama beberapa hari lalu, sehingga pasukan Alexandre Polking memenangkan agregat pertandingan, 2-0.

Dengan demikian, di final, Thailand akan bentrok dengan Indonesia, yang sehari sebelumnya sukses menyingkirkan tuan rumah Singapura 4-2 secara super dramatis.

Golden Star Warriors tampil bak kejar setoran sejak sepak mula. Skuad arahan Park Hang-Seo langsung menekan sejak babak pertama dan nyaris tak memberikan 'nafas' bagi Thailand.


Usaha dari deretan bintang Vietnam macam Nguyen Quang Hai, Phan Van Duc, Ho Tan Tai gagal membuah gol sepanjang 45 menit pertama.

Selepas interval, Thailand coba memperbaiki serangan. Mereka beberapa kali mendapatkan kesempatan untuk menguji kiper Vietnam melalui aksi Teerasil Dangda, meski tak jua membuahkan gol.

Tiga menit sebelum pertandingan bubar, Thanawat Suengchitthawon mendapatkan kans bagus di tepi kotak penalti Vietnam. Sayang, dentumannya masih melenceng dari sasaran.

Hingga wasit meniup peluit panjang, kedua tim menuntaskan pertandingan dengan skor kacamata. Namun, Thailand berhak melaju ke final dengan keunggulan agregat 2-0.

Statistik mencatat, Vietnam tampil dominan atas Thailand dengan berhasil melepas 14 tembakan, empat di antaranya mengarah ke gawang. Sementara Thailand hanya enam kali membuat shot, dengan satu di antaranya on target.

Namun dari penguasaan bola, Thailand tetap unggul dengan 57 persen berbanding 43 persen milik Vietnam. (gi/om)